Sabtu, 06 September 2014

teknik menananggulangi pencemaran tanah

 Setelah memahami penyebab pencemaran tanah, tentu kita dituntut untuk memberi perhatian khusus pada permasalahan ini. Mencermati uraian di atas, kita bisa memperkecil peluang terjadinya kerusakan tanah dengan melakukan beberapa tindakan kecil, antara lain:
1.    Memisahkan sampah berdasarkan jenisnya. Pemisahan ini lazimnya dibagi ke dalam 2 kelompok besar yakni sampah yang bisa diurai oleh mikroorganisme atau organik dan sampah yang tak bisa diurai atau nonorganik. Dengan pemisahan ini, diharapkan pengolahan sampah bisa jauh lebih mudah.
2.    Belajarlah prinsip daur ulang. Sampah organik dan non-organik bisa diolah menjadi berbagai barang bermanfaat. Organik bisa Anda jadikan pupuk kompos, biogas dan lain-lain. Sementara itu, sampah nonorganic bisa dijadikan kerajinan misalnya saja plastik botol minuman. Langkah ini memang terlihat sederhana, namun jika dilakukan secara kontinyu oleh masyarakat maka akan mengurangi penyebab pencemaran pada tanah secara signifikan.
3.    Menggalakkan pertanian dengan pupuk kompos ketimbang pupuk kimia juga bisa menjadi langkah kecil untuk melindungi tanah. Selain itu, hasil pertanian organik juga jauh lebih sehat kan?
4.    Memastikan limbah industri telah diolah sebelum akhirnya dibuang ke sungai maupun lautan. Jika tidak, bisa meresap ke tanah dan juga membunuh makhluk hidup.
5.    Mengurangi penggunaan bahan-bahan yang tidak bisa diurai oleh mikroorganisme. Misalnya dengan mengganti kantong plastik dengan kemasan pembungkus dari daun jati atau pisang.

di koment ya

0 tinggalkan jejak anda, dengan menanggapi postingan:

Poskan Komentar

sehabis membaca, tinggalkan pesan anda ya.. sehingga saya bisa tau respon dari orang-orang yang mampir diblog saya.. ok???