Sabtu, 06 September 2014

jenis-jenis limbah dan pengertiannya


Limbah Domestik
Apa yang dimaksud dengan limbah domestic tak lain adalah penyebab pencemaran yang bersumber dari wilayah pemukiman penduduk. Limbah ini merupakan hasil dari berbagai kegiatan seperti perdagangan (pasar,hotel,restoran dll), kelembagaan (kantor, sekolah dll), serta lingkup wisata. Bentuk dari limbah domsetik ini bermacam-macam, antara lain:
1.    Limbah domestik padat dan merupakan sampah an-organik. Sampah ini tak mampu diurai oleh mikroorganisme. Adapun contoh sampah terebut antara lain kantong plastik, kaleng bekas minuman instan, botol plastik air mineral dan lain-lain.
2.    Limbah domestic cair. Yang digolongkan ke dalam kelompok ini antara lain tinja, oli, deterjen, cat dan lain-lain. Apabila materi dari limbah cair ini meresap ke dalam tanah, bisa saja mempengaruhi kesehatan tanah serta membunuh mikroorganisme yang hidup di dalam tanah.

Limbah Industri
Yang dimaksud dengan limbah industri adalah penyebab pencemaran tanah yang berasal dari wilayah manufaktur, industri kecil maupun industri skala rumahan. Bentuk limbah industri ini juga bermacam-macam, antara lain:
1.    Limbah industri padat, merupakan hasil buangan dari industri dalam bentuk padatan, lumpur, serta bubur yang merupakan hasil sampingan dalam proses industri dan tidak memiliki nilai ekonomis.
2.    Limbah industri cair, merupakan hasil pengolahan dalam suatu produksi. Contohnya adalah limbah hasil pengerajin tahu dan tempe juga limbah hasil pelapisan logam. Adapun unsur kimia yang lazim ditemukan dalam jenis limbah industri cair ini antara lain tembaga, khrom, perak, timbal, boron, arsen dan lain-lain. Apabila diserap oleh tanah, maka nilai kesuburannya tentu akan berkuran.

Limbah Pertanian
Penyebab pencemaran tanah yang satu ini bersumber dari sisa-sisa pupuk yang digunakan dalam kegiatan pertanian. Jenis pupuk yang paling sering dijumpai merusak tanah adalah urea, DDT juga pestisida. Selain membuat komponen hasil tanam kurang sehat, material dari pupuk ini juga mempengaruhi kesuburan tanah.

di koment ya

0 tinggalkan jejak anda, dengan menanggapi postingan:

Posting Komentar

sehabis membaca, tinggalkan pesan anda ya.. sehingga saya bisa tau respon dari orang-orang yang mampir diblog saya.. ok???