Jumat, 16 Mei 2014

Fungi Mikoriza Arbuskular

Fungi Mikoriza Arbuskular (FMA) adalah salah satu tipe jamur pembentuk mikoriza yang dapat dikembangkan sebagai pupuk hayati. Jamur ini mampu membentuk simbiosis dengan sebagian besar (97%) famili tanaman darat (Husna, dkk, 2007). Fungi Mikoriza Arbuskular (FMA) memiliki karakteristik perakaran inang yang terkena infeksi tidak membesar dan fungi membentuk struktur hifa yang tipis. Hifa FMA merupakan hifa yang tidak bersekat  yang tumbuh diantara sel-sel korteks akar dan bercabang-cabang di dalamnya. Fakuara (1998) dalam Wulandari (2011) menyatakan bahwa ciri utama FMA adalah adanya vesikel dan arbuskulus di dalam korteks akar. Hifa inter dan intraseluler juga ada di dalam korteks dan infeksi di sisi akar secara langsung berhubungan dengan miselium bagian luar yang menyebar dan bercabang-cabang di dalam tanah.
          Menurut Sanders (1986) dalam Patriyasari (2006) menjelaskan bahwa pembentukkan interaksi Fungi Mikoriza Arbukular (FMA) dan tanaman inang adalah sebagai berikut:
1.    Pembentukkan kecambah dari propagul FMA yang diikuti oleh pembentukan  hifa dalam tanah;
2.    Infeksi primer yang merupakan proses pembukaan fungi ke dalam tanaman inang. Saat menembus sel, hifa fungi mengalami pengerutan diameter, kemudian diameter hifa tersebut kembali pada ukuran yang semula lagi;
3.    Infeksi sekunder yang merupakan proses penyebaran/penjalaran fungi ke bagian-bagian akar yang lain;
4.    Transfer karbon hasil asimilasi dari tanaman inang ke fungi;
5.    Pertambahan biomassa fungi yang terdapat dalam korteks akar dan yang terdapat disekitar akar;
6.    Penyerapan hara mineral (terutama fosfor) oleh miselium dalam tanah  dan ditransfer ke tanaman inang;
7.    Meningkatnya pertumbuhan tajuk dan akar yang merupakan hasil perbaikan hara tanaman;
8.    Meningkatnya pertumbuhan fungi akibat meningkatnya persediaan  ruang dan substrat tumbuh.


di koment ya

1 komentar:

sehabis membaca, tinggalkan pesan anda ya.. sehingga saya bisa tau respon dari orang-orang yang mampir diblog saya.. ok???