Jumat, 04 April 2014

Fungsi Hutan Dalam Pembangunan

Proses Pembangunan Jalan 




Dalam pola umum pembangunan jangka panjang kedua diletakkan pada dang ekonomi diantaranya dititikberatkan  pada pembangunan ekonomi yang pengelola  kekayaan bumi Indonesia.   Seperti kehutanan dan pertambangan harus senantiasa memperhatikan  bahwa  pengelolaan sumberdaya alam, selain untuk memberi manfaat masa kini, juga harus menjamin kehidupan masa depan.  Sumberdaya alam yang terbaharui harus dikelola  sedemikian rupa sehingga fungsinya dapat selalu terpelihara sepanjang masa.  Oleh karena itu, sumberdaya alam harus dijaga agar kemampuannya untuk memperbaharui diri sendiri selalu terpelihara.  Sumberdaya alam yang tidak terbaharukan harus gunakan sehemat mungkin dan diusahakan hasilnya selama mungkin. pembangunan kehutanan harus makin diarahkan  untuk  meningkatkan pemanfaatan hutan bagi industri dalam negeri sehingga dapat menghasilkan nilai dan menciptakan lapangan kerja yang sebesar-besarnya.

Kebijakan umum pembangunan kehutanan dalam Pelita VI dituangkan di dalam GBHN 1993 sebagai berikut :
§  Pembangunan kehutanan diarahkan untuk memberikan manfaat bagi sebesar-besarnya kemakmuran  rakyat dengan tetap menjaga kelestarian dan fungsi hutan, dan dengan mengutamakan pelestarian sumberdaya alam dan fungsi lingkungan hidup, memelihara tata air, serta untuk memperluas kesempatan usaha dan lapangan kerja, meningkatkan sumber dan pendapatan negara, devisa serta mengacu pembangunan daerah.
§  Pengembangan produksi hasil kayu dan non  kayu  diselenggarakan melalui upaya peningkatan pengusahaan hutan produksi, hutan rakyat, hutan tanaman industri dan upaya peningkatan  produktivitas hutan alam yang didukung oleh penyediaan bibit hutan tanaman hutan yang unggul dan budidaya kehutanan yang tangguh.
§  Hutan sebagai salah satu penentu ekosistem, pengelolaannya ditingkatkan secara  terpadu dan berwawasan lingkungan  untuk menjaga dan memelihara fungsi tanah,  air, udara, iklim dan lingkungan  hidup serta memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat.
§  Upaya rehabilitasi hutan dan tanah kritis, konservasi tanah, rehabilitasi sungai, rawa, pelestarian gua-gua alam, karang laut, flora dan fauna langka serta pengembangan fungsi DAS ditingkatkan dan makin disempurnakan.
§  Dalam pembangunan kehutanan, keikutsertaan masyarakat di kawasan  hutan sekitarnya termasuk masyarakat transmigrasi kehutanan perlu diberi peluang dan ditingkatkan.
§  Pengusahaan hasil  hutan disesuaikan dengan daya dukung sumberdaya alamnya agar kelestarian sumberdaya hutan terjamin dan perusakan lingkungan dapat dicegah.
§  Pembangunan kehutanan perlu didukung dengan kegiatan penyuluhan, pendidikan dan  pelatihan, peraturan perundang-undangan, penyediaan informasi serta penelitian dan pengembangan.

Pada Inti kebijaksanaan pembinaan kawasan hutan,terdapat langkah pelaksanaan sebagai berikut :
§  Percepatan pemantapan kawasan
§  Peningkatan mutu dan produktivitas kawasan hutan dan hutan rakyat
§  Peningkatan efisiensi dan produktivitas pengelolaan hutan dan pengelolaan hasil hutan
§  Peningkatan peran serta masyarakat, penanggulangan kemiskinan dan peningkatan pendapatan daerah tertinggal.
§  Peningkatan peran serta koperasi, usaha menengah, kecil dan tradisional
§  Peningkatan daya dukung lahan melalui reboisasi dan rehabilitasi  lahan serta perbaikan mutu lingkungan hidup
§  Peningkatan mutu fungsi kawasan-kawasan konservasi hutan lindung
§  Pelestarian sumberdaya alam hayati dan ekosistemnyai. Peningkatan peran pemerintah daerah dalam pelaksanaan pembangunan kehutanan
§  Peningkatan penyuluhan kehutanan,  peran pemuda dan wanita dalam pembangunan kehutanan
§  Pengamanan hutan, hasil hutan dan sumberdaya alam hayati lainnya.
§  Peningkatan peran peneliti dan pengembangan dalam pembangunan kehutanan
§  Pengembangan kualitas sumberdaya manusia yang maju dan mandiri serta memiliki motivasi yang tinggi.
§  Penyempurnaan kelembangaan, peraturan perundang-undangan dan sistem informasi manajemen kehutanan.

di koment ya

1 komentar:

sehabis membaca, tinggalkan pesan anda ya.. sehingga saya bisa tau respon dari orang-orang yang mampir diblog saya.. ok???