Sabtu, 22 Maret 2014

7 Danau Berwarna yang ada di Indonesia

  Berikut ini beberapa danau dan kawah yang mempunyai keunikan yaitu airnya yang berwarna.
penyebabnya pasti hanya satu : karna gejala alam.
1. Kawah Ijen

burrard-lucas.com
     Danau kawah yang bersifat asam ini berada di puncak Gunung Ijen, Jawa Timur, memiliki tinggi 2368 meter di atas permukaan laut dengan kedalaman danau 200 meter dan luas kawah mencapai 5466 Hektar. Kawah Ijen berada dalam wilayah Cagar Alam Taman Wisata Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

2. Kawah Putih

yoshiewafa.blogspot.com
     Kawah putih merupakan sebuah danau hasil letusan Patuha. Tanah yang bercampur belerang di sekitar kawah ini berwarna putih, lalu warna air yang berada di kawah ini berwarna putih kehijauan, yang unik dari kawah ini adalah airnya kadang berubah warna.

3. Telaga Warna

http://omikushi.files.wordpress.com
     Telaga ini terleak di Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah. Warnanya yang sangat beragam ditimbulkan akibat pemantulan dan pembiasan dari sinar matahari, bukit-bukit dan juga endapan lumpur di dasar telaga.

4. Danau Tiga warna Kelimutu

http://gitagemintang.files.wordpress.com
     Danau ini dikenal dengan nama Danau Tiga Warna karena memiliki tiga warna yang berbeda, yaitu merah, biru, dan putih. Walaupun begitu, warna-warna tersebut selalu berubah-ubah seiring dengan perjalanan waktu.

     Kelimutu merupakan gabungan kata dari "keli" yang berarti gunung dan kata "mutu" yang berarti mendidih. Menurut kepercayaan penduduk setempat, warna-warna pada danau Kelimutu memiliki arti masing-masing dan memiliki kekuatan alam yang sangat dahsyat.

5. Danau Inielika

     Danau Vulkanik ini terletak di Pulau Flores, NTT. Kawah-kawah aktifnya memiliki banyak warna seperti merah, hitam, coklat yang menakjubkan.

6. Danau Linow
     Danau ini terletak dekat Proyek Tenaga Listrik Panas Bumi Lahendong, Sulawesi Utara. Danau ini unik karena waktu siang airnya warna-warni (atau danau tiga warna). Danau ini merupakan salah satu obyek wisata yang menarik di tanah Toar Lumimuut.

7. Talaga Bodas
astacala.org
     Talaga Bodas (arti: "danau putih") adalah gunung stratovolcano di bagian selatan Garut, Jawa Barat, Indonesia. Gunung ini terbentuk dari lava andesit dan piroklastik. Terdapat juga fumarol, kolam lumpur, dan mata air panas di sekitardanau kawah. Perubahan warna danau kawah dilaporkan pernah terjadi pada tahun 1913 dan 1921


Sumber : id.wikipedia.org

di koment ya

1 komentar:

sehabis membaca, tinggalkan pesan anda ya.. sehingga saya bisa tau respon dari orang-orang yang mampir diblog saya.. ok???