Rabu, 20 November 2013

Agroforestry dan Keanekaragaman Hayati

Forester untad blog

Forester untad blog “ Agroforestry atau yang lebih kita kenal dengan Wana Tani, merupakan konsep pengelolaan lahan terpadu berbasiskan pada sektor kehutanan yang dipadukan dengan sektor pertanian, peternakan, atau perikanan. Agroforestry adalah bagaimana kita memanfaatkan lahan dengan tanaman multistrata sehingga tidak ada sejengkal tanahpun yang sia-sia. Tidak hanya dengan tanaman tetapi juga dapat dipadukan dengan peternakan maupun perikanan. Pemilihan tanaman dan tata ruang penanaman menjadi kunci keberhasilan konsep ini. Multistrata yang dimaksud adalah pemanfaatan lahan dengan tanaman yang berbeda misalnya dengan tanaman vegetasi bawah (empon-empon, umbi-umbian, rumput sebagai pakan ternak), vegetasi pancang atau tanaman musiman (pisang, pepaya, mangga, rambutan, durian), dan vegetasi pohon yang perlu puluhan tahun untuk memanfaatkannya.
Penerapan konsep agroforesty dalam pengelolaan lahan mampu memberikan manfaat baik secara ekonomis, ekologis, maupun sosial budaya. Dengan variasi tanaman yang dibudidayakan mampu memberikan pendapatan bagi masyarakat baik secara harian, bulanan, tahunan, musiman, dan puluhan tahun. Hal ini sangat tergantung dengan pola agroforestry yang diterapkan. Apakah agrisilvikultur (kehutanan-pertanian), silvopastura (kehutanan-peternakan), agrisilvopastura (kehutatan-pertanian-peternakan), silvofishery (kehutanan-perikanan), apiculture (kehutanan-lebah madu), sericulture (kehutanan-ulat sutera), atau multipurpose forest tree production system (perpaduan kompleks). Secara ekologis, agroforestry memberikan dukungan konservasi tanah dan air yang cukup baik. Dengan tanaman multistrata tentu akan meminimalisir terjadinya erosi percik, mengurangi run off dan meningkatkan efektifitas infiltrasi air. Pola tanam atau tata ruang agroforestry memungkinkan fungsinya sebagai windbreaker.
Secara sosial, agroforestry mampu memberikan lapangan pekerjaan baik dalam pengolahan lahan maupun pengolahan berbagai produk hasil panen. Variasi hasil pertanian memperkuat system ketahanan pangan lokal masyarakat. Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir dengan kenaikan harga atau kelangkaan bahan pokok tertentu. Hasil kayu memberikan supplay bahan bangunan yang murah. “Agroforestry adalah bagaimana kita menempatkan jenis tanaman yang tepat, pada lokasi yang tepat, dan dengan alasan yang tepat”, tegas Arief Khristanto.
Agroforestry semakin diakui sebagai pola pendekatan pengelolaan sumber daya alam secara berkelanjutan, menggabungkan tujuan perlindungan, pertanian, dan pembangunan . Di antara manfaat ini adalah kontribusinya dalam konservasi keanekaragaman hayati asli. Meskipun perlindungan habitat alami tetap menjadi tulang punggung strategi konservasi keanekaragaman hayati, setidaknya agroforestri mendukung peran tersebut.
Penanaman multistrata memungkinkan pemilihan jenis tanaman langka atau tanaman endemik untuk dibudidayakan kembali. Hal ini bermanfaat sebagai perlindungan plasma nutfah keanekaragaman hayati. Jenis tanaman dan pola tanam memberikan ruang hidup sebagai mikro habitat berbagai jenis hidupan liar. Kupu-kupu memerlukan tanaman spesifik sebagai inang. Beberapa jenis tanaman berbunga mampu mengundang hadirnya bermacam jenis serangga dan burung. Jenis tanaman berbuah memberikan cadangan pakan bagi burung dan mamalia herbivora. Peningkatan produksi seresah mampu meningkatkan kesuburan tanah dan memperkaya jenis serangga tanah. Agroforestry menjaga stabilitas produksi materi dari jenis produsen untuk mendukung rantai makanan dalam keseimbangan system ekologi. Rantai makanan yang baik tentu mendukung daur energy dan material yang ideal pula. Dengan begitu akan menjaga keseimbangan ekosistem. Dengan berbagai manfaat yang dapat diambil dari penerapan agroforestry tersebut, menempatkan konsep ini untuk layak dicoba sebagai konsep alternatif pengelolaan daerah aliran sungai, khususnya bagian hulu dengan system pengelolaan terpadu dan melibatkan multistakeholder



di koment ya

1 komentar:

  1. Terimakasih atas informasinya

    irhamabdulazis271.student.ipb.ac.id

    BalasHapus

sehabis membaca, tinggalkan pesan anda ya.. sehingga saya bisa tau respon dari orang-orang yang mampir diblog saya.. ok???