Senin, 26 November 2012

sejarah penemuan mikroskop

 
Menurut sejarah orang yang pertama kali berpikir untuk membuat alat yangbernama mikroskop ini adalah Zacharias Janssen. Janssen sendiri sehari-harinyaadalah seorang yang kerjanya membuat kacamata. Dibantu oleh Hans Janssenmereka mambuat mikroskop pertama kali pada tahun 1590. Mikroskop pertamayang dibuat pada saat itu mampu melihat perbesaran objek hingga dari 150 kalidari ukuran asli.Temuan mikroskop saat itu mendorong ilmuan lain, seperti Galileo Galilei(Italia), untuk membuat alat yang sama. Bahkan Galileo mengklaim dririnyasebagai pencipta pertamanya yang telah membuat alat ini pada tahun 1610.Galileo menyelesaikan pembuatan mikroskop pada tahun 1609 dan mikroskopyang dibuatnya diberi nama yang sama dengan penemunya, yaitu mikroskopGalileo. Mikroskop jenis ini menggunakan lensa optik, sehingga disebutmikroskop optik. Mikroskop yang dirakit dari lensa optik memiliki kemampuanterbatas dalam memperbesar ukuran obyek. Hal ini disebabkan oleh limitdifraksi cahaya yang ditentukan oleh panjang gelombang cahaya. Secara teoritis,panjang gelombang cahaya ini hanya sampai sekitar 200 nanometer. Untuk itu,mikroskop berbasis lensa optik ini tidak bisa mengamati ukuran di bawah 200nanometer.Setelah itu seorang berkebangsaan belanda bernama Antony Van Leeuwenhoek (1632-1723) terus mengembangkan pembesaran mikroskopis. Antony VanLeeuwenhoek sebenarnya bukan peneliti atau ilmuwan yang profesional.
Profesi sebenarnya adalah sebagai „wine terster di kota Delf, Belanda. Ia biasa
menggunakan kaca pembesar untuk mengamati serat-seratpada kain. Tetapi rasaingin tahunya yang besar terhadap alam semesta menjadikannya salah seorangpenemu mikrobiologi.

Pengertian Mikroskop
Istilah mikroskop berasal dari bahasa Yunani, yaitukata micron yang berarti kecil dan scopos yangartinya tujuan. Dari dua pengertian tersebut,mikroskop dapat diartikan sebagai alat yang dibuatatau dipergunakan untuk melihat secara detailobyek yang terlalu kecil apabila dilihat oleh matatelanjang dalam jarak yang dekat.

di koment ya

2 komentar:

sehabis membaca, tinggalkan pesan anda ya.. sehingga saya bisa tau respon dari orang-orang yang mampir diblog saya.. ok???